Minggu, 25 April 2010

FRAMEWORK

Framework terjemahan mudahnya adalah kerangka kerja, sedangkan dalam dunia pemrograman framework adalah bentuk kumpulan perintah suatu bahasa pemrograman yang telah diatur sedemikian rupa menjadi beberapa modul-modul untuk mempermudah pemrograman. Berbeda dengan CMS (content management system), framework bisa dibilang adalah komponen setengah matang yang memang disiapkan agar bisa digunakan untuk membentuk kerangka pemrograman secara lebih mudah. Sedangkan CMS atau templating, biasanya telah menyediakan layout dan tampilan administrasi secara lengkap dan siap pakai

Bisa dikatakan Framework adalah komponen pemrorgaman yang siap re-use kapan saja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama. Misalkan saat anda membuat aplikasi web berbasis ajax yang setiap kali harus melakukan XMLHttpRequest, maka Xajax telah mempurmudahnya untuk anda dengan menciptakan sebuah objek khusus yang siap digunakan untuk operasi Ajax berbasis PHP. Itu adalah salah satu contoh kecil, selebihnya Framework jauh lebih luas dari itu.

Fungsi Framework

Framework mampu melakukan sincronisasi kerja para programmer (dalam team) dalam membangun aplikasi yang sangat besar sekalipun *fungsi management proyek* karena semua programmer yang membangun aplikasi tersebut bekerja dengan satu aturan/bingkai yaitu Framework.

Macam Framework

Salah satu jenis dari framework adalah framework PHP. Framework php disini adalah software yang dibuat dengan menggunakan PHP, nah software ini akan mempu membuat aplikasi web lain berbasis software framewrok tadi. Jadi semakin stabil, banyak feature dan mudah dikembangkan maka aplikasi web yang digunakan juga semakin bagus dan berkualitas. Dengan menggunakan framework php, kita bisa menghemat banyak waktu, karena semua fungsi-fungsi untuk pembuatan web sudah tersedia dan kita tinggal menggunakannya saja. Jika ada upgrade versi, kita tinggal mengupdate mesin frameworknya saja tanpa perlu menulis ulang program. Dengan diupgrage, framework menjadi lebih baik, mungkin saja ada fitur baru yang akan membuat aplikasi anda berjalan lebih optimal. Bekerja dengan framework php juga lebih terstruktur karena ada konsep MVC (model, visual, controller) yang membuat aplikasi web bisa dikerjakan banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar